Rabu, 14 Maret 2012

silabus hadits tarbawi

HADITS TARBAWI

A. IDENTITAS

1. Matakuliah              : Hadits Tarbawi
2. Program Studi         : Manajemen Pendidikan Islam
3. Semester                 : II (dua)
4. Bobot                      : 2 SKS
6. Dosen Pengampu    : Darsa Wijaya.


B. DISKRIPSI MATA KULIAH:

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam merupakan lembaga pendidikan untuk mencetak bukan hanya menjadi guru yang bertugas membekali mahasiswanya agar dimasa yang akan datang dapat menjalankan profesinya secara benar akan tetapi agar menjadi para manager pendidikan yang berdasarkan ajaran Rosullullah saw. yang tertulis dalam hadits – hadits shohih.
            Kedudukan sebagai guru / pendidikan dan manager pendidikan Islam akan menjadi panutan bagi lingkungannya baik secara pribadi maupun profesional. Karena itu guru / pendidikan perlu mempunyai pedoman dalam bertutur kata maupun berperilaku agar tidak mendapat sorotan negatif dari lingkungannya.


C. STANDAR KOMPETENSI
            Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan petunjuk – petunjuk Nabi Muhammad saw. berkenaan dengan tata cara bermuamalat dalam kaitannya menjalankan profesinya sebagai guru / pendidi di masa yang akan datang.



Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Pembelajaran
Waktu
Alat/sumber belajar
Penilaian

1.   Memahami hadits halal, halam dan subhat


1.1. Menjelaskan  definisi halal,  ha- ram, dan subhat.
2.2.   Membedakan     hal–hal yang ha- lal, haram, dan subhat.

·     Mengjkaji dan mendis-kusikan matan hadits yang halal, haram, dan subhat.


Yang halal, haram, dan subhat

100 menit
OHP/ LCD / Teks
·   Abdul Azis Al Khali: Adabun Nabi : 11

- Tes Essay

2.   Menghayati hadits ta-ta cara berpakaian dan memakai perhi-asan
2.1. Menjelaskan matan hadits ten-tang tata cara berpakaian dan memakai perhiasan
2.2. Melaksanakan tata cara ber-pakaian dan memakai perhiasan sesuai dengan isi hadits yang dipelajari
·     Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits perihal tata cara pergaulan dan memakai perhiasan
·     Pakaian yang menyeret tanah
·     Cara memakai pakaian
·     Memakai cincin emas
·     Membuat tato dan tahi lalat
·     Larangan Memakai pakaian lawan jenis
2 x 100’
OHP / LCD ? Teks
-    LM 1349, RS, 788
-    R S 721
-    LM 1357m 1358
-    LM 1377
-    RS 1628
- Tes Essay
- Tugas menginven-tarisir model – mo-del pakaian yang memenuhi syarat  dan tidak meme-nuhi syara’

3.   Menghayati hadits tata cara pergaulan

3.1. Menjelaskan matan hadits ten-tang tata cara pergaulan
3.2.   Menerapkan    isi     hadits tentang tata cara per-gaulan dalam kehidupan sehari– hari.

·     Mengkaji dan mendiskusikan perihal isi hadits tata cara pergaulan

·     Larangan berkhalwat
·     Pergaulan dengan ipar
·     Macam – macam zina bagi anggota tubuh

100’
LCD /OHP/Teks
-    BM 735
-    LM 1403
-    LM 1701

- Tes Essay

4.   Memahami hadits perihal nikah

4.1. Menjelaskan matan hadist ten-tang pernikahan.
4.2. Menjelaskan matan hadits peri-hal mahar dan wali

·     Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits tentang nikah, mahar dan wali

·     Nikah sebagai Sunnah Nabi
·     Anjuran Nikah
·     Larangan Nikah Mut’ah
·     Memilih calon istri
·     Mahar
·     Wali

2 x 100’
LCD / OHP / Teks
-    LM 885
-    LM 884
-    LM 889
-    BM 997
-    BM 1058
-    BM 1010

- Tes Essay

5. Mengerti hadits tentang tradisi

5.1. Menjelaskan hadits me-ngenai dorongan mencip-takan tradisi yang baik.
5.2.   Menjelaskan   hadits   ten-tang tra-disi mengikuti orang – orang terdahulu

·      Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits tentang tradisi


·     Dorongan menciptakan tradisi yang baik
·     Tradisi mengikuti orang – orang terdahulu

100’
LCD / OHP / Teks
-    RS 172
-    LM 1708

- Tes Essay

6. Memahami hadits pendi-dikan anak.

6.1. Menjelaskan hadits yang me-nganjurkan untuk menghindarkan diri dari dari kebosanan dalam pendidikan
6.2. Menjelaskan hadits bahwa anak dilahirkan dalam keadaan fitrah.
6.3.   Menjelaskan hal  hal yang perlu dilakukan terhadap anak yang lahir.

·      Mengkaji dan diskusi tentang matan hadits, menghindari kebosanan dalam pendidikan, anak dilahirkan dalam keadaan fitrah dan hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya yang lahir.

·     Menghindari kebosanan dalam pendidikan
·     Anak lahir atas dasar fitrah
·     Hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya yang lahir.

100’
LCD / OHP / Teks.
-          LM 1798

-          LM 1702
-          LM: 1387, 1388
- Tes Essay

7. Memahami hadits perihal dakwah dan pengajaran.

7.1.   Menjelaskan   hadits   ten-tang dakwah dikalangan kaum wanita.
7.2.  Menjelaskan tata cara ber-dak-wah menurut hadits

·      Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelas-kan dakwah nabi dikalangan wanita dan tata cara berdak-wah.

·     Dakwah dikalangan wanita
·     Tata cara dakwah

100’
LCD / OHP / Teks
-          LM. 1690
-          LM. 11, RS : 170. LM 1491, AN 101
- Tes Essay

8. Memahami hadits jihad fi sabilillah

8.1. Menjelaskan arti jihad fi sabilillah menurut hadits.
8.2.   Menjelaskan  motivasi   ji-had yang benar
8.3. Menjelaskan hal–hal yang termasuk jihad fi sabillillah

·      Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelskan arti, motivasi dan hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah

·     Arti jihad fi sabilillah
·     Motivasi jihad fi sabilillah
·     Hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah

100’
OHP / LCD/ Teks
-          LM 1242
-          LM 1237, 1243
-          LM 1653, AN : 45
- Tes Essay

9.  Memahami  hadits   ten-tang pimpinan dan jabatan

9.1. Menjelaskan  tanggung  jawab pemimpin menurut hadits
9.2. Menjelaskan kedudukan pemimpin berdasarkan hadits.
9.3.  Menjelaskan     larangan mencari jabatan berdasar-kan hadits.
9.4.  Menjelaskan  batas  keta-atan terhadap pemimpin menurut hadits.

9.5. Menjelaskan wanita se-bagai ke-pala negara menurut  hadits.

·      Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang menjelas-kan tanggung jawab dan kedudukan pemimpin, larangan mencari jabatan, batas ketaatan terhadap pemimpin, dan wanita sebagai kepala Negara.

·     Tanggung jawab pemimpin
·     Kedudukan pemimpin
·     Larangan mencari jabatan
·     Batas ketaatan terhadap pemimpin
·     Wanita menjadi kepala negara

100’
OHP / LCD / Teks
LM : 499
LM : 1200
LM 1197, 1198
LM 1205, 1206
BM 1422
- Tes Essay

10. Memahami  hadits tentang hadiah dan suap

10.1   Menjelaskan   kebolehan memberi /menataq ha-diah menurut hadits.
10.2.  Menjelaskan     larangan menyuap berdasarkan hadits,

·      Mengkaji dan mendiskusikan hadits yang menjelaskan kebolehan memberi hadian dan larangan menerima suap dan menyuap

·     Memberi / menerima hadiah
·     Larangan menerima / memberi sualp

100’
OHP / LCD / Teks
LM 1202
LM 1424, RS 180
- Tes Essay

11.  Mengkaji  hadits ten-tang kepedulian sosial

11.1.  Menjelaskan   hal – hal yang termasuk kepeduli-an sosial dan  balasan-nya dari Allah.
11.2.   Melaksanakan   aksi   ke-pedulian sosial

·      Mengkaji dan mendiskusikan hal – hal yang termasuk kepedulian sosial.

·     Hal – hal yang termasuk kepedulian sosial

100’
OHP / LCD / Teks
LM : 1682, AS 123,
LM: 1683, 1447, 1448
- Tes Essay


Keterangan:
LM : Al – lu’lu’ wal Marjun (Muhammad Fuad Abdul Baqi”)
BM : Bulughul Maram (Ibnu Hajar Al – Asqalani)
RS : Riyadlush Shalihin (Ibnu Hajar Al – Asqalani)
AN : Al – Adabun Nabi (Abdul ‘Azis Al – Khulli)
Cianjur,   Februari 2012
Dosen


Darsa Wijaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar