HADITS TARBAWI
A. IDENTITAS
1. Matakuliah :
Hadits Tarbawi
2. Program Studi :
Manajemen Pendidikan Islam
3. Semester :
II (dua)
4. Bobot :
2 SKS
6. Dosen Pengampu :
Darsa Wijaya.
B. DISKRIPSI MATA KULIAH:
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam merupakan lembaga pendidikan untuk
mencetak bukan hanya menjadi guru yang bertugas membekali mahasiswanya agar
dimasa yang akan datang dapat menjalankan profesinya secara benar akan tetapi
agar menjadi para manager pendidikan yang berdasarkan ajaran Rosullullah saw.
yang tertulis dalam hadits – hadits shohih.
Kedudukan sebagai guru / pendidikan dan
manager pendidikan Islam akan menjadi panutan bagi lingkungannya baik secara
pribadi maupun profesional. Karena itu guru / pendidikan perlu mempunyai
pedoman dalam bertutur kata maupun berperilaku agar tidak mendapat sorotan
negatif dari lingkungannya.
C. STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa memahami dan
mengimplementasikan petunjuk – petunjuk Nabi Muhammad saw. berkenaan dengan
tata cara bermuamalat dalam kaitannya menjalankan profesinya sebagai guru /
pendidi di masa yang akan datang.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Materi Pembelajaran
|
Waktu
|
Alat/sumber belajar
|
Penilaian
|
1.
Memahami hadits halal, halam dan subhat
|
1.1.
Menjelaskan definisi halal, ha- ram, dan subhat.
2.2. Membedakan hal–hal yang ha- lal, haram, dan subhat.
|
·
Mengjkaji dan mendis-kusikan matan hadits yang
halal, haram, dan subhat.
|
Yang halal, haram, dan subhat
|
100 menit
|
OHP/ LCD / Teks
·
Abdul Azis Al Khali: Adabun Nabi : 11
|
- Tes Essay
|
2.
Menghayati hadits ta-ta cara berpakaian dan memakai
perhi-asan
|
2.1.
Menjelaskan matan hadits ten-tang tata cara berpakaian dan memakai perhiasan
2.2.
Melaksanakan tata cara ber-pakaian dan memakai perhiasan sesuai dengan isi
hadits yang dipelajari
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits
perihal tata cara pergaulan dan memakai perhiasan
|
·
Pakaian yang menyeret tanah
·
Cara memakai pakaian
·
Memakai cincin emas
·
Membuat tato dan tahi lalat
·
Larangan Memakai pakaian lawan jenis
|
2 x 100’
|
OHP / LCD ? Teks
-
LM 1349, RS, 788
-
R S 721
-
LM 1357m 1358
-
LM 1377
-
RS 1628
|
- Tes
Essay
- Tugas
menginven-tarisir model – mo-del pakaian yang memenuhi syarat dan tidak meme-nuhi syara’
|
3.
Menghayati hadits tata cara pergaulan
|
3.1.
Menjelaskan matan hadits ten-tang tata cara pergaulan
3.2. Menerapkan isi hadits tentang tata cara per-gaulan dalam
kehidupan sehari– hari.
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan perihal isi hadits
tata cara pergaulan
|
·
Larangan berkhalwat
·
Pergaulan dengan ipar
·
Macam – macam zina bagi anggota tubuh
|
100’
|
LCD /OHP/Teks
- BM
735
- LM
1403
- LM
1701
|
- Tes
Essay
|
4.
Memahami hadits perihal nikah
|
4.1.
Menjelaskan matan hadist ten-tang pernikahan.
4.2.
Menjelaskan matan hadits peri-hal mahar dan wali
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits
tentang nikah, mahar dan wali
|
·
Nikah sebagai Sunnah Nabi
·
Anjuran Nikah
·
Larangan Nikah Mut’ah
·
Memilih calon istri
·
Mahar
·
Wali
|
2 x 100’
|
LCD / OHP / Teks
- LM
885
- LM
884
- LM
889
- BM
997
- BM
1058
- BM
1010
|
- Tes
Essay
|
5. Mengerti
hadits tentang tradisi
|
5.1.
Menjelaskan hadits me-ngenai dorongan mencip-takan tradisi yang baik.
5.2. Menjelaskan hadits
ten-tang tra-disi mengikuti
orang – orang terdahulu
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits
tentang tradisi
|
·
Dorongan menciptakan tradisi yang baik
·
Tradisi mengikuti orang – orang terdahulu
|
100’
|
LCD / OHP / Teks
-
RS 172
- LM
1708
|
- Tes Essay
|
6. Memahami
hadits pendi-dikan anak.
|
6.1.
Menjelaskan hadits yang me-nganjurkan untuk menghindarkan diri dari dari
kebosanan dalam pendidikan
6.2.
Menjelaskan hadits bahwa anak dilahirkan dalam keadaan fitrah.
6.3. Menjelaskan hal hal yang perlu dilakukan terhadap anak yang
lahir.
|
·
Mengkaji dan diskusi tentang matan hadits,
menghindari kebosanan dalam pendidikan, anak dilahirkan dalam keadaan fitrah
dan hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap anaknya yang lahir.
|
·
Menghindari kebosanan dalam pendidikan
·
Anak lahir atas dasar fitrah
·
Hal – hal yang dilakukan orang tua terhadap
anaknya yang lahir.
|
100’
|
LCD / OHP / Teks.
-
LM 1798
-
LM 1702
-
LM: 1387, 1388
|
- Tes Essay
|
7. Memahami
hadits perihal dakwah dan pengajaran.
|
7.1. Menjelaskan hadits ten-tang dakwah dikalangan kaum wanita.
7.2. Menjelaskan tata cara ber-dak-wah menurut
hadits
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang
menjelas-kan dakwah nabi dikalangan wanita dan tata cara berdak-wah.
|
·
Dakwah dikalangan wanita
·
Tata cara dakwah
|
100’
|
LCD / OHP / Teks
-
LM. 1690
-
LM. 11, RS : 170. LM 1491, AN 101
|
- Tes Essay
|
8. Memahami
hadits jihad fi sabilillah
|
8.1.
Menjelaskan arti jihad fi sabilillah menurut hadits.
8.2. Menjelaskan motivasi ji-had yang benar
8.3.
Menjelaskan hal–hal yang termasuk jihad fi sabillillah
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang
menjelskan arti, motivasi dan hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah
|
·
Arti jihad fi sabilillah
·
Motivasi jihad fi sabilillah
·
Hal – hal yang termasuk jihad fi sabilillah
|
100’
|
OHP / LCD/ Teks
-
LM 1242
-
LM 1237, 1243
-
LM 1653, AN : 45
|
- Tes Essay
|
9. Memahami
hadits ten-tang pimpinan dan
jabatan
|
9.1.
Menjelaskan tanggung jawab pemimpin menurut hadits
9.2.
Menjelaskan kedudukan pemimpin berdasarkan hadits.
9.3. Menjelaskan larangan mencari jabatan berdasar-kan
hadits.
9.4. Menjelaskan batas keta-atan terhadap pemimpin menurut hadits.
9.5.
Menjelaskan wanita se-bagai ke-pala negara menurut hadits.
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan matan hadits yang
menjelas-kan tanggung jawab dan kedudukan pemimpin, larangan mencari jabatan,
batas ketaatan terhadap pemimpin, dan wanita sebagai kepala Negara.
|
·
Tanggung jawab pemimpin
·
Kedudukan pemimpin
·
Larangan mencari jabatan
·
Batas ketaatan terhadap pemimpin
·
Wanita menjadi kepala negara
|
100’
|
OHP / LCD / Teks
LM : 499
LM : 1200
LM 1197, 1198
LM 1205, 1206
BM 1422
|
- Tes Essay
|
10.
Memahami hadits tentang hadiah dan
suap
|
10.1 Menjelaskan kebolehan memberi /menataq ha-diah menurut
hadits.
10.2. Menjelaskan larangan
menyuap berdasarkan hadits,
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan hadits yang
menjelaskan kebolehan memberi hadian dan larangan menerima suap dan menyuap
|
·
Memberi / menerima hadiah
·
Larangan menerima / memberi sualp
|
100’
|
OHP / LCD / Teks
LM 1202
LM 1424, RS 180
|
- Tes Essay
|
11. Mengkaji hadits ten-tang kepedulian sosial
|
11.1. Menjelaskan
hal – hal yang termasuk kepeduli-an sosial dan balasan-nya dari Allah.
11.2. Melaksanakan
aksi ke-pedulian sosial
|
·
Mengkaji dan mendiskusikan hal – hal yang
termasuk kepedulian sosial.
|
·
Hal – hal yang termasuk kepedulian sosial
|
100’
|
OHP / LCD / Teks
LM : 1682, AS 123,
LM: 1683, 1447, 1448
|
- Tes Essay
|
Keterangan:
LM : Al – lu’lu’ wal Marjun
(Muhammad Fuad Abdul Baqi”)
BM : Bulughul Maram (Ibnu Hajar
Al – Asqalani)
RS : Riyadlush Shalihin (Ibnu
Hajar Al – Asqalani)
AN : Al – Adabun Nabi (Abdul
‘Azis Al – Khulli)
Cianjur, Februari 2012
Dosen
Darsa Wijaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar