SILABUS
1. Identitas Mata Kuliah :
a.
Nama Mata Kuliah : Manajemen
Pendidikan Pesantren
b.
Jumlah SKS : 2 SKS
c.
Program Studi :
Manajemen Pendidikan Islam
d.
Dosen :
Darsa Wijaya
2. Tujuan
Setelah
mahasiswa mengikuti perkuliahan ini diharapkan mampu menjelaskan aspek-aspek
terpenting tentang Manajemen Pendidikan Pesantren
3. Pendekatan Pembelajaran
a.
Metode ; Ceramah, diskusi, tanya
jawab, pemecahan masalah, penelitian sederhana
b.
Tugas : Makalah, latihan,
penyajian, diskusi, studi lapangan
c.
Media : laptop, LCD, white board
4. Evaluasi
a.
Kehadiran
b.
Makalah
c.
Penyajian dan diskusi
d.
UTS
e.
UAS
5. Rincian Materi
perkuliahan tiap pertemuan
- Pendahuluan (konsep, lingkup perkuliahan Manajemen Pendidikan pesantren)
- Pengertian dan Manajemen Pendidikan Pesantren
- Sejarah berdiri dan perkembangan Pondok Pesantren
- Sistem Manajemen dan pengelolaan pondok Pesantren
- Peranan Pondok Pesantren dalam sistem pendidikan Nasional
- Potensi Pondok Pesantren dan Upaya Pengembangan dan pembinaannya
- Ujian Tengah semester
- Kurikulum dan Sistem Pembelajaran di Pondok Pesantren
- Peranan Pondok Pesantren dalam Masyarakat
- Pemberdayaan masyarakat melalui pondok pesantren
- Pengembangan ekonomi Pondok Pesantren
- Peraturan yang berhubungan dengan Pondok Pesantren
- Ujian akhir semester
6. Daftar Buku
a.
Andi H Gunawan, Kebijaksanaan-kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia,
(Jakarta : Bina Aksara, 1986)
b.
Azra, Prof.Dr.Azyumardi, 2001, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi
Menuju Milenium Baru, Penerbit Kalimah, Jakarta.
c.
Dhofier, Zamakhsyari, 1985, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan
Hidup Kyai, LP3ES, Jakarta.
d.
Ditpekapontren Dirjen kelembagaan
Agama Islam Depag, 2003” Pola
Pengembangan Pondok Pesantren, Jakarta.
e.
…………” Pedoman Tata Laksana
Pengembangan Agribisnis di Pondok Pesantren”, Jakarta.
f.
Hasbullah, Drs., 1999, Sejarah Pendidikan Islam di
Indonesia:Lintasan Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan, PT Raja Grafindo
Persada, Jakarta, (hl 24-27, 138-161)
g.
UU No 20 tahun 2003 tentang UU sistem Pendidikan Nasional
h.
Wahid, Abdurrahman., 2001, Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren,
LkiS, Yogyakarta..
i.
Ziemek, Manfred., 1986, Pesantren Dalam Perubahan Sosial,
Jakarta.
j.
Zuhairini, Dra., dll., 1997, Sejarah Pendidikan Islam, Bumi Aksara,
Jakarta.
TESIS:
- Basyir, Zainul Fuad., 1999, KH Imam Zarkasyi Tentang Modernisasi Pondok Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Gontor, UMM, Program Pasca Sarjana, Tesis.
- Hamim, Muhamad, 1998, Feminisme di Pesantren: Studi KasusPandangan UlamaPesantren Terhadap Pendidikan Wanita Dalam Proses Transformasi Sosial di Pesantren Denanyar dan Qomaruddin, UMM, Program Pasca Sarjana, Tesis.
- Hasyim, H. Farid., 1998, Visi Pondok Pesantren Dalam Pengembangan SDM: Studi Kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, UMM, Program Pasca Sarjana, Tesis.
- Taufiq, Hadi Nur., 2000, Kepemimpinan Pesantren Dalam Konteks Hubungan Islam dan Demokratis: Studi Kasus di Pondok Modern Gontor, UMM, Program Pasca Sarjana, Tesis.
INTERNET:
- ……., Stigma Terorisme pada Pondok Pesantren Bisa Menimbulkan Kegalauan, Kompas, 25 November 2002, Semarang,
- http://www.kompas.com/kompas-cetak/0211/25/jateng.783.htm
- Pondok Modern Gontor website: http://www.angelfire.com/oh/gontor.html
- Tempo Interaktif, 25 Sept 2002, 25 Pimpinan Pondok Pesantren Ikut Pelatihan di AS, Jakarta, http://www.tempo.co.id/news/2002/9/25/1,id.html
Cianjur, Maret 2011
Dosen
Darsa Wijaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar