SILABUS
Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Dosen : Darsa Wijaya
Fakultas : Fakultas
Agama Islam Unsur
Jurusan : Manajemen
pendidikan Islam
Bobot : 2
Sks
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Materi Media Pembelajaran akan memberikan gambaran dan pelatihan pada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, memilih, menggunakan, mengembangkan media pembelajaran dan membuat alat bantu pembelajaran yang sederhana.
Materi perkuliahannya meliputi; pengenalan beberapa media, kriteria pemilihan media pembelajaran, penggunaan, pengembangan media, pembuatan alat bantu pembelajaran yang sederhana, penggunaan dan pengelolaan sumber belajar (lab, perpustakaan dan microteaching) serta konsep evaluasi media pembelajaran.
Sebagai calon pendidik, mahasiswa fakultas Tarbiyah diharapkan dapat membuat dan menggunakan media pendidikan baik umum atau agama sehingga pengalaman mengajar di masyarakat kelak dapat diperkaya dan lebih menarik serta efektif sesuai dengan tujuan pengajaran yang hendak dicapai
B. POKOK-POKOK
MATERI
1. Pengertian, Fungsi,
Manfaat, Urgensi Media Pembelajaran
2. Jenis dan Karakteristik
Media Pembelajaran
3. Kelebihan dan
Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran
4. Pemilihan Media
5. Pemanfaatan dan
Penggunaan Media
6. Pembuatan Media
Pembelajaran Sederhana
7. Pengembangan Media
8. Sumber Belajar Sebagai
Komponen Media Pembelajaran
9. Pemanfaatan Perpustakaan
Sebagai Sumber Belajar
10. Fungsi dan Manfaat
Laboratorium Sebagai Sumber Belajar
11. Fungsi dan Manfaat
Micro teaching Sebagai Sumber Belajar
12. Evaluasi Media Pembelajaran
13. Aplikasi Media dalam Pembelajaran
14. Komputer sebagai media
pembelajaran ( e learning )
Referensi
1. Arsyad, Azhar, Media Pengajaran, Cet. I, Jakarta: Raja Grafindo Persada,
1997.
2. Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara,
1995.
3. Djamarah, Syaiful Bahri, dkk., Strategi Belajar Mengajar, Cet. I, Jakarta:
Rineka Cipta, 1996.
4. Darajdat, Zakiah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. I, Jakarta: Bumi
Aksara, 1996.
5. Gilarso, T, dkk., Program Pengalaman Lapangan (Micro Teaching), Yogyakarta:
Andi Offset, 1986.
6. Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Cet.
II, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
7. ____________, Media Pendidikan
Hadimiarjo, Yusuf, Teknologi Komunikasi Pendidikan
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Hadimiarjo, Yusuf, Teknologi Komunikasi Pendidikan
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
8. Ibrahim, R & Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Bandung: Rineka
Cipta, 2003.
9. Ibrahim, Media Instruksional Isbani, Media Pendidikan
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan II
Kasiram, Kapita Selekta Pendidikan II
10. Mukhtar, Desain Pembelajaran PAI Nasution, Teknologi Pendidikan, Cet. I,
Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
11. Nurhadi, Mulyani, Sejarah Perpustakaan dan Perkembangannya di Indonesia
12. Pardede, M.Tjoen, Perpustakaan di Indonesia dari Zaman ke Zaman
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Rohani, Ahmad, Media Instruksional Edukatif, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
13. Sadiman, Arief, dkk., Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan
Pemanfaatannya, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
14. Salma, Dewi, dkk.Mozaik Teknologi Pendidikan
15. Shalahuddin, Mahfudh, Media Pendidikan Agama, Cet. I, Surabaya: Bina Ilmu,
1986.
16. Soeprayitno, Seleksi dan Pemanfaatan Media Pembelajaran
17. Sujana, Nana, Media Pengajaran
18. Sudjarwo, Beberapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar
19. Zainiyati, Husniyatus Salamah, Diktat Media Pengajaran, Surabaya: Biro
Kajian Ilmiah Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2002
Cianjur, Januari 2012
Dosen
Darsa Wijaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar